Waktu Yang Tepat Untuk Steril Kucing

22 views

steril kucingSuatu keputusan yang setiap pemilik kucing harus hadapi adalah apakah akan menyeterilkan kucing peliharaan anda. Jika anda tidak berencana mengembangbiakan kucing anda secara profesional, anda dan kucing peliharaan anda mungkin akan lebih bahagia jika kucing anda di steril. Apapun jenis kelamin kucing anda, entah itu jantan atau betina, operasi penyeterilan bisa dilakukan dengan aman.

Kucing yang telah disteril jarang mengalami stres seksual, tak jarang stres seksual ini dapat menyebabkan perilaku kucing menjadi buas, menjadi tidak mau makan ataupun berusaha kabur dari rumah. Pada kucing jantan yang telah anda sterilkan biasanya tidak kencing pada dinding rumah dan furniture anda. Kecingnya kucing jantan saat birahi ini sering menjadi masalah tersendiri, mengingat bau pesing yang ditimbulkan sangat sulit dihilangkan. Sedangkan pada kucing betina yang telah disteril akan bertingkah laku lebih halus dan tidak gelisah ketika memasuki musim kawin.

Kapan waktu yang tepat untuk steril kucing ?

Kucing Betina

Waktu terbaik untuk menyeterilkan kucing betina mungkin adalah sesaat setelah masa birahi pertamanya, biasanya antara enam bulan dan satu tahun (walaupun beberapa jenis kucing ras membutuhkan waktu hingga 18 bulan untuk meraih masa kematangan). Di tahapan ini, beberapa organ kucing mungkin diambil tanpa mengubah tampilan fisik dasar kucing. Dokter hewan bisa menyarankan waktu yang tepat untuk steril kucing anda.

Operasi bisa dilakukan dalam waktu singkat, diikuti dengan beberapa hari masa penyembuhan di rumah. Kadang – kadang kucing perlu ditinggal semalam di rumah sakit hewan, jangan panik karena dokter hewan akan memberi nasihat pada anda.

Kucing Jantan

Untuk kucing jantan, waktu terbaik untuk menyeterilnya adalah ketika bau air kencingnya menjadi lebih tajam. Ini pertanda bahwa kucing telah matang secara seksual. Usia kematangan seksual untuk kucing janta adalah antara delapan bulan dan satu tahun. Untuk kucing jantan, operasi penyeterilan berlangsung lebih mudah. Anda bisa memasukkan kucing anda ke rumah sakit hewan pada pagi hari dan mengambilnya di sore hari pada hari yang sama. Tampilan fisiknya tidak akan berubah banyak, karena operasi ini hanya akan mengambil testis dan bukan scrotum.

Biaya Steril Kucing

Banyak orang yang jika mendengar kata operasi maka dalam pikiranya akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Memang di sebagian dokter hewan biaya steril kucing yang dipatoknya cukup mahal, saya pernah mendapatkan info di salah satu dokter hewan di jakarta biaya untuk mensteril kucing betina mencapai 2 juta rupiah. Tentu bagi sebagian besar pemelihara kucing uang sebanyak itu cukup berat untuk dikeluarkan, apalagi jika kucing yang dipeliharanya lebih dari satu.

Tetapi tenang, tidak semua rumah sakit hewan mematof tarif semahal itu. Bagi anda yang berhemat anda bisa melakukan steril kucing di Puskeswan, untuk jantan sekitar 150 – 200 ribu sedangkan betina sekitar 200 – 300 ribu, tergantung dari lokasi juga. Semisal di solo, biaya steril kucing jantan 150 ribu rupiah sedangkan betina 250 ribu. Hanya saja anda perlu mendaftarnya jauh-jauh hari dikarenakan antrian di puskeswan biasanya sangat penuh dan tak jarang anda harus menunggu selama beberapa bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *