Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

kucing anggoraJikalau dilihat dari penampilan fisiknya, kedua jenis kucing ras anggora dan persia ini memang sama bahkan hampir mirip. Tetapi jika dilihat lebih teliti dan jeli, keduanya memiliki banyak perbedaan yang mudah untuk diidentifikasi. Nah, berkat hal tersebut tak heran jikalau banyak orang yang kebingungan dan merasa sulit saat mencari perbedaan kucing anggora dan Persia.

Jikalau ditilik dari daerah asal muasal kedua jenis ras kucing ini memang jaraknya tidak terlalu jauh dan cukup berdekatan, kucing anggora berasal dari Turki sedangkan kucing Persia berasal dari Iran. Namun meskipun demikian terdapat beberapa hal yang menjadikan kedua jenis ras kucing ini berbeda.

Nah supaya Anda tak salah lagi saat membedakan jenis ras kucing anggora dan persia, tak ada salahnya jikalau mengetahui terlebih dahulu perbedaan kucing anggora dan Persia seperti dibawah ini. Simak baik-baik ya.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Wajib Diketahui

  1. Bentuk Hidung

Secara umum perbadaan kucing persia dan anggora paling menonjol memang dapat dilihat melalui bentuk hidungnya. Biasanya kucing anggora memiliki bentuk hidung yang lebih mancung karena didukung oleh wajahnya yang lonjong. Sedangkan bentuk hidung kucing persia ini umumnya lebih pesek dan terdapat garis atau celah pembatas pada bagian matanya yang mana hal tersebut tak dimiliki oleh kucing anggora.

  1. Bentuk Wajah dan Tubuh

Berkat dagu dan rahangnya yang kuat, membuat bentukan wajah kucing anggora ini nampak seperti segitiga terbalik. Di dukung oleh bentuk tubuh yang langsing dan panjang, mmbuat jenis kucing ras anggora ini nampak begitu elegan dan anggun. Namun lain halnya dengan bentuk wajah kucing Persia yang umumnya lebih berbentuk bulat dengan bentuk tubuh yang bulat pula.

  1. Bentuk Kaki

Kedua jenis ras kucing ini, tak hanya memiliki perbedaan dalam bentuk hidung, wajah serta bentuk tubuhnya saja yang cukup berarti. Perbedaan kucing anggora dan persia selanjutnya bisa Anda lihat melalui bentukan kaki yang menopang berat tubuhnya. Umumnya bentuk kaki kucing anggora lebih panjang, hal tersebut sebanding dengan bentuk tubuhnya yang memanjang pula. Tetapi lain halnya dengan bentuk kaki jenis ras kucing persia yang mana memiliki kaki yang lebih pendek dan sebanding dengan bentuk tubuhnya yang membulat.

  1. Bentuk Ekor dan Bulu

Tahukah Anda ternyata perbedaan kucing anggora dan Persia juga terletak pada bentuk ekor serta volume bulunya. Secara umum ekor jenis kucing ras anggora akan memiliki volume bulu yang lebih tebal dan lebat layaknya ekor musang.

Sementara jenis ras kucing persia biasanya akan tampil dengan bulu ekor yang panjang dan lebat sesuai dengan panjang tubuhnya. Meski sama-sama memiliki volume bulu yang lebat dan panjang, namun secara keseluruhan bulu kucing anggora nampak lebih lebat jikalau dibandingkan dengan kucing persia.

  1. Perbedaan Sifat dan Kepribadian

Banyak aspek yang bisa digunakan untuk mengidenifikasi guna mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia. Salah satu aspek yang paling menonjol dan menjadi sesuatu pembeda yang cukup berarti adalah sifat dan kepribadian yang dimilikinya. Secara umum memang kucing anggora akan tampil dengan kepribadian yang lebih aktif, energik dan cerdas.

Sementara jenis ras kucing persia biasanya lebih tampil dengan sifat yang pasif dan banyak diam. Meskipun demikian, namun jenis ras kucing ini merupakan hewan yang cukup menyenangkan untuk menjadi binatang peliharaan di rumah.

  1. Perbedaan Harga

Meskipun sama-sama tergolong sebagai jenis ras kucing yang memiliki harga selangit, namun harga jual keduanya juga mengalami perbedaan yang cukup berarti. Biasanya untuk kualitas dan ukuran yang sama, harga jual kucing anggora akan jauh lebih mahal jikalau dibandingkan dengan harga jual kucing persia.

Tetapi, aspek ini bukanlah menjadi sebuah patokan, pasalnya tarif penawaran setiap penjual akan berbeda-beda di masing-masing petshopnya. Hal tersebut juga tak terlepas dari selera dan kesukaan pembeli

Nah itulah tadi beberapa ulasan mengenai perbedaan kucing anggora dan persia yang bisa Anda amati berdasarkan penampilan fisiknya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memudahkan dalam mengidentifikasi perbedaan yang terdapat pada kedua jenis ras kucing ini. Terima kasih.

Related Posts

About The Author

Add Comment