Kucing Persia Peaknose Mix Flatnose, Hasilnya Apa?

PeaknoseBanyak orang yang salah dalam memahami ilmu persilangan kucing, banyak orang merasa bahwa mengkawinkan Peaknose mix Flatnose pastilah hasil paling buruknya Flatnose dan pasti ada 1 atau 2 biji anakan yang hasilnya peak nose, padahal itu belum tentu.

Anda perlu memahami masalah genetika hidung kucing  agar tidak salah prediksi dalam mengkawinsilangkan 2 indukan kucing. Menyilangkan Peaknose mix Flatnose bisa saja menghasilkan anakan dengan hidung medium semua.

Misalnya kita anggap Gen Peaknose sebagai P, Flatnose Sebagai F, Medium sebagai m dan Mancung sebagai M. Dalam Genetika hidung kucing ini Gen saling mempengaruhi tetapi gen kucing medium atau m merupakan gen resesif sehingga menyilangkan peaknose PP dengan kucing medium mm bisa menghasilkan anakan peaknose semua.

Sedangkan gen Mancung M dalam genetika cukup kuat sehingga jika anda menyilangkan kucing peaknose dengan kucing kampung maka anakannya tidak ada yang peak nose biasanya anakannya medium semua atau paling bagus flatnose. Gen Mancung ini seimbang dengan gen P dan F.

Sehingga hasil mix peaknose dan flatnose dapat memberikan kemungkinan sebagai berikut :

Indukan peaknose bisa jadi gennya PP atau Pm, sedangkan indukan flatnose bisa jadi gennya FF, PM atau Fm.

Mix induk PP x FF akan menghasilkan anakan PF semua sehingga hasilnya anakannya paling jeleknya flatnose, biasanya sih antara peaknose dan flatnose tingkat kepesekannya. Tetapi tidak ada peaknose yang dihasilkan

Mix indukan PP dengan PM akan menghasilkan anakan yang ada kemungkinan 50% peak nose dan 50% medium.

Mix PP x Fm akan menghasilkan anakan PF dan Pm dimana ada 50% kemungkinan muncul peaknose dan 50% kucing cukup pesek.

Sedangkan jika indukan peaknosenya Pm hasil anakannya menjadi

Pm x FF menghasilkan anakan 50% flatnose 50% PF.

Pm x PM menghasilkan 50% peaknose 50% kucing mancung.

Pm x Fm menghasilkan 50% medium dan 50% PF.

Sehingga dari hasil persilangan diatas terdapat banyak kemungkinan anakan yang dihasilkan dan itu semua tergantung gen yang dibawa oleh indukannya, jadi jangan kaget jika anda menyilangkan kucing degan gen Pm x PM dan menghasilkan anakan berhidung mancung semua. Jangan dikira kalau anakannya telah ditukar oleh orang lain.

Ini kan bukan sinetron yang berujudul kucing yang tertukar :D.

Untuk mengecek tingkat kemurnian gen kucing anda, anda bisa menyilangkannya dengan kucing medium yang berasal dr 2 indukan medium sehingga memiliki gen mm bukan yang hasil persilangan peaknose/flatnose dengan kucing berhidung mancung. Jika gen kucing peaknose anda murni maka menghasilkan anakan peaknose semua dan jika tidak murni maka akan ada variasi hidung anakannya.

Related Posts

About The Author

Add Comment