Penyebab Kucing Muntah Cacing dan Cara Mengobatinya

Cacing Toxocara cati pada kucing

Cacing Toxocara cati

Kucing muntah cacing merupakan salah satu tanda tanda infeksi dari cacing ke kucing kesayangan kita. Tidak semua cacing yang menyerang sistem pencernaan menimbulkan gejala seperti ini. Jenis cacing yang menimbulkan gejala kucing muntah cacing adalah yang berasal dari genus Toxocara khususnya Toxocara cati.

Cacing penyebab kucing muntah cacing ini ukurannya sekitar 3 – 10 cm dan berwarna putih, ukurannya yang besar ini tentu dapat membuat kita shock jika melihat kucing kesayangan kita memuntahkan cacing yang seperti itu. Cacing ini pada bagian kepalanya berbentuk seperti kepala ular cobra, anda bisa melihat gambar diatas untuk lebih jelas mengenai jenis cacing ini.

Jika kucing anda mengalami muntah muntah dan pada muntahannya terdapat cacing, itu artinya kucing anda terkena infeksi cacing yang sudah cukup berat. Biasanya hal ini disebabkan kucing tidak pernah diberikan obat cacing untuk mencegah infeksi, obat cacing drontal cukup efektif untuk mencegah cacing sebelum menginfeksi / saat infeksi ringan.

Akan tetapi jika infeksi sudah berat sehingga menimbulkan gejala sampai memutahkan cacing sebaiknya dibawa kedokter hewan terdekat untuk diperiksa. Hal ini dikarenakan diagnosis dari dokter diperlukan untuk mengetahui kira kira obat apa yang tepat untuk penyembuhannya dan biasanya juga dokter hewan akan memberikan suplemen tambahan supaya kucing cepat pulih.

Cara Mengobati Kucing Muntah Cacing

Kucing sakitMenurut Taylor (2007), Cacing Toxocara cati dewasa dapat dibunuh dengan obat cacing yang mengandung Fenbendazole, mebendazole, piperazine dan Pyrantel. Sedangkan obat yang mengandung Anthelmitics benzimidazole efektif untuk membunuh fase larvanya.

Sehingga obat yang dapat mengobati cacing ini secara tuntas adalah yang mengandung salah satu dari senyawa Fenbendazole, mebendazole, piperazine atau Pyrantel dan Anthelmintics benzimidazole. Obat cacing drontal yang ada di pasaran kandungannya adalah praziquantel/pyrantel pamoate yang kurang ampuh untuk membunuh fase larva yang terdapat di kucing anda. Tapi jika kepepet juga anda bisa memberikan hal tersebut karena dapat membunuh cacing dewasa sehingga diharapkan mengurangi rasa sakit yang diderita kucing kita.

Untuk obat cacing untuk kucing yang mengandung senyawa Anthelmitic bisa menggunakan Centaur-Diworm, obat ini diproduksi satu perusahaan dengan drontal yaitu Bayer.

Pencegahan

Infeksi jenis cacing ini biasanya terjadi pada masa anak anak kucing, yang paling sering terjadi adalah ditularkan dari ibu ke anak selama proses menyusui. Jika indukan kucing diduga terinfeksi cacing sebaiknya anda mengganti susu anak kucing tersebut dengan susu buatan.

Pencegahan lain supaya kucing kesayangan kita tidak terserang Toxocara cati adalah dengan rajin menjaga kebersihan lingkungan kucing anda tinggal, anak kucing yang berumur 4-6 minggu seharusnya sudah diberikan obat cacing dengan interval 3 minggu sekali sampai berumur 4 bulan. Jika sudah berumur diatas 4 bulan, pemberian bisa dilakukan setiap 3 – 6 bulan sekali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *