Kucing Munchkin

kucing munchkinKucing Munchkin termasuk jenis ras kucing baru yang saat ini di tahun 2019 harganya sangat mahal dikarenakan banyak catlovers kaya yang ingin mengadopsinya. Munchkin sendiri merupakan ras yang dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 80an, kucing ini diduga awalnya karena kelainan genetik yang menyebabkan kakinya menjadi lebih pendek dari biasanya.

Jenis Kucing Munchkin

Terjadi perbedaan mengenai manakah yang termasuk ke dalam kategory jenis kucing munchkin, ada yang mengatakan yang termasuk ke dalam jenis kucing ini hanyalah keturunan dari kucing berkaki pendek yang dikembangkan oleh Sandra Hochenedel, seorang guru musik dari Amerika pada tahun 80an. Dimana pada tahun tahun 1983, ia menemukan dua ekor kucing berkaki pendek yang kemudian dia namakan sebagai blueberry dan blackberry. Anakan dari kedua kucing tersebut ternyata juga berkaki pendek, dimana akhirnya berkembang biaklah keturunan blueberry dan blackberry sehingga menghasilkan jenis kucing baru yang kita kenal sebagai Munchkin sekarang ini. Biasanya kucing yang bersertifikat merupakan turunan dari kedua kucing tersebut.

Ada juga yang mengatakan semua kucing yang memiliki kaki yang pendek, masuk ke dalam jenis kucing ini. Entah itu merupakan keturunan kucing dari Sandra Hochenedel atau bukan. Entah itu termasuk ke dalam kucing persia, anggora atau lainnya asal kan memiliki kaki pendek tetap masuk dalam kategory Munchkin. Seperti dalam foto diatas dimana kucing scottich fold yang berkaki pendek tetap dinamai sebagai munchkin.

Secara umum pendapat kedua lebih banyak dipakai daripada pendapat pertama, baik itu di mancanegara ataupun di Indonesia. Hanya sebagian kecil catlover yang mengagungkan sertifikat kucing lah yang meyakini pendapat pertama. Intinya memang jenis ini merupakan kucing yang mengalami kelainan genetik sehingga mengakibatkan kakinya pendek dan apapun rasnya boleh lah dipanggil sebagai munchkin asal mengalami kaki pendek, karena hanya itulah yang menjadi ciri khas dari kucing ini.

Adopsi

Kebanyakan kucing ini termasuk ke dalam hewan yang mudah akrab dengan manusia sehingga tidak ada masalah berarti saat anda akan adopsi kucing ini. Hal ini dikarenakan secara umum kucing berkaki pendek ini kebanyakan berasal dari ras kucing jinak, sepengetahuan saya belum ada kucing hutan yang mempunyai kaki pendek. Biasanya kalaupun ada kucing hutan yang berkaki pendek, akan terjadi masalah di bagian tulang punggungnya dan ini menyebabkan cacat sehingga tidak bisa berjalan dengan baik, bahkan kecacatan ini dapat menyebabkan kematian terhadap kucing hutan.

Dalam melakukan adopsi kucing ini, perawatannya mirip seperti anda merawat kucing persia atau anggora. Masalah makanan pun tidak menjadi kendala anda bisa memberikan dry food ataupun wet food kepada kucing ini. Sebaiknya saat awal meakukan adopsi jangan mengurung kucing ini dikandang, supaya tidak stress terhadap lingkungan. Seringlah mengelus elus kucing ini supaya semakin akrab dengan anda.

AlbertHarga Kucing Munchkin

Jenis Munchkin saat ini sedang jenis kucing ini sedang trend, dan banyak dicari oleh para catlovers kaya. Hal ini menyebabkan harga kucing ini sangat tinggi. Untuk kucing berkaki pendek yang tanpa sertifikat harganya mulai dari 10 juta rupiah untuk anakannya, sedangkan untuk harga kucing munchkin dewasa yang tanpa sertifikat bisa mencapai 30an juta.

Kucing yang bersertifikat harganya lebih gila lagi, untuk anakan saja bisa mencapai 50an juta. Sedangkan untuk harga kucing munchkin dewasa yang bersertifikat, apalagi jika sudah pernah memenangkan kontes / kejuaraan kucing harganya bisa mencapai 1 milyar lebih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *