Jenis Kucing Kampung yang Ada Disekitar Kita

36 views

kucing kampung

Kucinglucu.info – Salah satu jenis kucing yang banyak berkeliaran di sekitar lingkungan kita adalah kucing kampung (Domestic Cat). Disebut kucing kampung karena hewan satu ini kebanyakan berkeliaran di jalan menjadi salah satu spesies kucing liar yang banyak di temukan di sekitar rumah kita.

Pengertian dan Keistimewaan Kucing Kampung

Kucing kampung tidak hanya ada di Indonesia, di seluruh dunia anda dapat menemukan jenis ini. Tidak terlalu jelas bagaimana ras satu ini bisa tersebar ke seluruh dunia. Ada yang mengatakan sebenarnya ras ini merupakan ras yang telah bercampur baur dari banyak ras lainnya sehingga dapat ditemukan di seluruh dunia. Salah satu ciri khasnya adalah hidungnya yang mancung.

Tetapi menurut ahli biologi lulusan UGM, Adi Nugroho, jenis kucing kampung dapat ditemukan di seluruh dunia lebih dikarenakan kemampuannya untuk survive. Menurut sebuah penelitan di luar negeri, kucing kampung merupakan ras yang paling tahan penyakit jika dibandingkan dengan ras lainnya. Selain itu, tidak seperti beberapa ras lain yang memiliki penyakit secara genetik (misalnya ras persia yang mudah sekali terkena sakit FUS),  pada kucing kampung tidak ditemukan penyakit bawaan. Hal ini dikarenakan genetiknya telah bercampur dari berbagai macam ras dan telah terjadi pemuliaan genetik yang telah diuji oleh seleksi alam secara alami.

Jenis Kucing Kampung Berdasarkan Warna

Kucing kampung biasanya dibedakan jenisnya berdasarkan warna, entah mengapa dari warna ini beberapa sifat yang dimilikinya juga berbeda. Yuk mari simak ulasannya berikut ini :

  • Kucing Oren

Kucing ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling terkenal dan bisa jadi dibilang sedang viral. Hal tersebut dikarenakan kucing oren ini memiliki tingkah laku yang sering bikin orang yang melihatnya geleng-geleng. Sehingga jenis kucing kampung ini disebut dengan kucing barbar.

  • Kucing Kampung Hitam

Jenis kucing kampung yang berwarna hitam secara total identik dengan sifat misterius. Banyak mitos yang menyangkut tentang kucing berwarna hitam ini, ada yang mengatakan bahwa kucing hitam adalah jin yang menyamar. Ada juga yang mengatakan bahwa kucing hitam merupakan sahabat dari penyihir serta mitos lainnya.

Hal tersebut tentu saja tidaklah benar, walau begitu kucing berwarna hitam ini biasanya memiliki sifat yang pendiam (tidak banyak mengeong) dan gerakannya tidak terlalu aktif apalagi jika dibandingkan dengan kucing oren.

  • Kucing Kampung Calico

Yang dinamakan kucing calio adalah kucing yang memiliki tiga warna yang terdiri atas putih, cokelat dan hitam sehingga di Indonesia di kenal sebagai kucing belang tiga. Salah satu hal unik dari hal ini ialah anda sangat jarang ditemukan kucing jantan belang tiga dan ternyata hal tersebut dikarenakan jika indukan kucing memiliki anak laki-laki yang berwarna demikian maka ia akan memakannya.

Usut punya usut, kucing biasa dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan kucing kembang telon ini ternyata membawa suatu cacat genetik dimana ia di gen kelaminnya memiliki kelebihan gen X sehingga gen yang seharusnya XY karena menjadi XXY. Belum ada penjelasan ilmiah mengapa jenis kucing kampung ini bisa membawa cacat genetik atau apa kaitannya warna dengan kecacatan genetik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *