Diego, Si Kucing Anggora Hitam Gendut

kucing anggora hitamKucing anggora hitam terkenal sebagai kucing yang menyeramkan. Bahkan banyak mitos tentang kucing hitam ini yang beredar di antara masyarakat. Bahkan banyak sekali orang yang menggunakan kucing hitam sebagai sarana dalam ritual mistik pada jaman dulu. Walau begitu tidak semua kucing berwarna hitam itu menyeramkan, salah satunya adalah diego.

Pengenalan si Kucing Anggora Hitam

kucing hitamDiego merupakan kucing sesepuh, karena umurnya sendiri sudah sangat tua. Di tahun 2019 ini diego sudah memasuki umur yang ke 12 tahun, sudah sangat tua untuk ukuran kucing. Biasanya untuk kucing rumahan umurnya hanya sekitar 6 – 9 tahun, apalagi jika dibandingkan kucing liar yang sangat jarang bertahan hingga mencapai 3 tahun. Karena umurnya yang sudah tua ini kumis dan alis diego sudah cukup panjang sehingga kadang justru menambah kelucuannya.

Walau umurnya sudah sangat tua  tetapi diego masih sehat dan lincah. Setiap hari diego masih suka berjalan jalan keliling rumah, selain itu salah satu hobbynya adalah berjaga di depan pintu sambil melihat kondisi halaman rumah sekalian biar dapet angin juga sepertinya.

Kucing anggora hitam ini memiliki berat yang lumayan gendut, di timbangan terakhirnya Agustus 2019 ini berat badan diego mencapai 8 kilogram. Hal ini salah satu sebabnya karena diego hobbynya tidur, bahkan dalam sehari bisa tidur hingga lebih dari 12 jam.

Perawatan Diego

kucing anggora gendutTidak ada perawatan khusus yang diberikan terhadap diego sehingga ia bisa sehat dan berumur hingga 12 tahun. Yang paling penting adalah masalah kebersihan sehingga kucing anggora ini tidak terserang penyakit ataupun. Menjaga si kucing gendut ini selalu dirumah juga menjadi hal yang dapat mencegah diego terserang penyakit.

Hal ini karena di lingkungan luar rumah resiko tertular penyakit dan parasit cukup besar. Lingkungan yang kotor dan lembab menyebabkan resiko terserang jamur cukup tinggi. Hal ini dikarenakan jamur sangat menyukai tumbuh pada kondisi lingkungan yang lembab dan kotor.

Interaksi dengan kucing liar di minimalisasikan, kucing liar karena kebersihan dan makanannya yang tidak terurus memiliki resiko terkena penyakit cukup tinggi. Banyak penyakit penyakit berbahaya seperti Bartonellosis, Kriptosporidiosis dan Toksoplasmosis ditularkan oleh kucing liar.

Pemberian obat cacing dan vaksin juga diberikan terhadap diego secara teratur untuk pencegahan supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Kucing anggora hitam ini tidak diberi vitamin secara rutin.

Masalah makanan tiap harinya diego mengkonsumsi pakan kering dengan brand meo varian persia, walau sebenarnya diego ini bukan merupakan kucing persia. Hal ini dilakukan karena pakan ini baik untuk pencernaan kucing sehingga menyebabkan kotoran yang keluar padat. Selain itu pakan ini bagus untuk bulu kucing, termasuk kucing anggora hitam.

Hal yang tak kalah penting adalah membuat kondisi kucing supaya tidak stress. Interaksi dengan kucing perlu dilakukan secara rutin dan biasanya kucing menyukai jika di usap usap badannya. Begitu juga yang sering dilakukan terhadap diego, ia sangat menyukai saat badannya diusap dengan lembut. Pemijatan supaya ia menjadi rileks juga rutin dilakukan sehingga kondisi tubuhnya selalu dalam kondisi yang prima.

Itulah sedikit tentang diego, si kucing anggora hitam. Semoga kucing ini selalu sehat sehingga bisa merayakan ulang tahunnya yang ke 17.

Related Posts

About The Author

Add Comment