Ciri Ciri, Makanan dan Harga Kucing Russian Blue

102 views

Kucing russian blueKucinglucu.info – Seperti namanya kucing russian blue merupakan kucing yang berasal dari rusia tepatnya di Arkhangel’sk. Oleh sebab itu ,terkadang kucing ini juga dipanggil dengan nama Arkhangel’sk blue. Sekitar taun 1860 orang orang inggris membawa jenis kucing ini dari rusia ke inggris, dan mulai dikembang biakan di inggris dan menjadikan jenis kucing ini sebagai salah satu kelas dalam kontes kucing.  Setelah perang dunia ke 2 kucing ini hampir mengalami kepunahan, pada akhirnya breeder mengawin silahkan kucing ini dengan kucing siam sehingga menghasilkan jenis kucing russian blue yang ada sekarang. Di Indonesia jenis kucing ini masih sangat langka yang mengakibatkan harganya menjadi cukup mahal.

Ciri Ciri Kucing Russian Blue

Kucing russian blue memiliki mata hijau cerah atau kekuningan, Kucing russian blue yang aslinya biasanya memiliki warna hijau cerah tetapi akibat perkawin silangan dengan kucing siam yang menyebabkan munculnya variasi yang berwarna kekuningan.

Bulu kucing ini terdiri dari dua lapis yaitu bulu tebal pendek dan mantel biru abu abu. Bulunya tebal, rapat dan halus.  Warna bulunya yang abu abu kebiruan merupakan ekspresi encer dari gen hitam. Namun karena gen ini bersifat resesif (d) dan setiap indukan memiliki satu set dua gen resesif (dd) dua kucing russian blue akan selalu menghasilkan warna kucing abu abu kebiruan.

Tetapi karena dikawinsilangkan dengan kucing siam setelah perang dunia II  seperti yang telah dijelaskan diatas. Ada gen gen colorpoint yang mengambang disekitarnya. Jika dua kucing russian blue hasil kawin silang dengan siam di kawinkan lagi akan menghasilkan banyak warna campuran.

Kucing russian blue merupakan kucing yang energik dan lincah sehingga membutuhkan mainan untuk menemaninya. Kucing ini juga merupakan kucing yang luar biasa dalam kemampuannya memanjat dan melompat menyaingi kucing abyssinians. Kucing russian blue juga sangat cerdas dan memiliki memory yang baik, kemampuan yang tajam untuk mengingat tamu anda dan akan berlomba-lomba menyapa wajah-wajah yang dikenalnya meskipun beberapa waktu telah berlalu.

Kucing russian blue bisa hidup hingga sekitar 20 tahun, bahkan ada yang dapat bertahan hingga 25 tahun. Kucing ini termasuk yang jarang sakit. Kucing russian blue dewasa berukuran sekitar 2,27 hingga 5,45 kg.

Makanan Kucing Russian Blue

Kucing russian blue biasanya menyukai ikan tuna sebagai makanan favoritnya. Jika anda memiliki kucing ini berikan dia wet food yang merupakan ikan tuna sebagai makanannya. Untuk makanan kering bisa juga diberikan tetapi sebaiknya yang rasa tuna agar kucing ini makan dengan lahap.

Kucing russian blue bermata hijau
Kucing russian blue bermata hijau harganya lebih mahal dari yang kekuningan

Harga Kucing Russian Blue

Harga kucing russian blue cukup bervariasi,Kucing russian blue asli dan bersertifikat harganya bisa mencapai 50 juta rupiah bahkan lebih. Hal ini karena kucing yang masih murni ini sangat langka di Indonesia.

Sedangkan kucing russian blue campuran hasil kawin silang dengan siam harganya sekitar 1-2 juta rupiah untuk satu ekor kucing dewasa yang matanya berwarna kekuningan. Sedangkan kucing russian blue yang memiliki mata berwarna hijau harganya antara 10-20 juta jika tanpa sertifikat.

Dalam membeli kucing russian blue pastikan anda perhatikan ciri fisiknya agar anda tidak salah membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *