Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Benar

Kucing anggoraPerlu diketahui bahwasannya tata cara merawat kucing anggora jauh berbeda dengan cara perawatan kucing – kucing lokal pada umumnya. Perawatan yang dilakukan oleh jenis ras kucing anggora ini terbilang gampang-gampang susah, sebab bulunya yang halus dan tebal membutuhkan perhatian khusus supaya tidak menggumpal dan mudah rontok.

Terlepas dari perawatan yang dilakukan guna menjaga penampilan fisiknya supaya tetap elegan dan menarik, jenis ras kucing anggora ini juga masuk kedalam kategori kucing yang sangat manja terhadap pemiliknya, terlebih mendapatkan perhatian berlebih dari pemiliknya. Berkat hal tersebut membuat kucing anggora mambutuhkan kasih sayang serta perhatian yang ekstra dari sang majikan.

Bagi Anda yang ingin mengadopsi jenis ras kucing ini alangkah lebih baiknya jikalau mengetahui cara merawat kucing anggora yang baik dan benar terlebih dahulu, seperti di bawah ini. Hal ini dimaksudkan supaya nantinya kucing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tips Merawat Kucing Anggorakucing anggora lucu

  1. Menyediakan Kandang yang Luas

Mengingat sifatnya yang lincah, aktif dan energik membuatnya senang sekali bermain dan bergerak. Maka dari itu Anda harus memberinya ruangan yang luas dan memadai untuk mengakomodir seluruh aktivitasnya.

Selain itu lengkapi pula dengan aneka permainan yang seru dan menyenangkan, termasuk didalamnya ruangan khusus untuk merangsang kemampuan memanjat dan melompat. Hal ini dimaksudkan supaya sifat aktif yang dimiliki oleh kucing anggora dapat terangsang dan terlatih dengan sempurna.

  1. Memandikan Secara Rutin

Secara umum segala macam jenis ras kucing memang dibekali kemampuan membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati anggota tubuhnya. Pemilik kucing anggora memang disarankan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaannya dengan cara memandikannya setidaknya setiap dua bulan sekali.

Bukan hanya sekedar menjaga kebersihan saja namun hal ini juga merupakan langkah merawat kucing anggora paling tepat. Meskipun demikian, jangan terlalu sering memandikannya sebab sruktur bulu jenis ras kucing ini terbilang sangat rapuh dan rentan mengalami kerontokan.

  1. Rajin Menyisiri Bulunya

Cara merawat kucing anggora yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan rajin menyisiri bulunya dengan sisir metal bergerigi panjang setiap hari. Selain supaya tetap terawat sekaligus menjaga penampilan hewan peliharaan Anda, kiat ini juga mampu meminimalisir resiko tertelannya hair ball yang mampu memicu permasalahan pada sistem pencernaan kucing anggora.

  1. Rutin Memotong Kukunya

Tak hanya kesehatan bulu saja yang harus terjaga dengan rapi, namun kesehatan kuku pada kucing anggora juga harus diperhatikan dengan khusus. Setidaknya Anda bisa memotong kuku kucing anggora setiap beberapa minggu atau sebulan sekali secara rutin.

Nah supaya kucing anggora tidak memberontak ketika proses potong kuku dilakukan Anda harus membuat suasana rumah senyaman mungkin. Tetapi jikalau Anda merasa kesusahan apabila harus memotong kuku kucing anggora sendiri mintalah bantuan pada dokter hewan atau salon hewan.

  1. Rutin Membersihkan Telinga

Rajin membersihkan telinga, merupakan trik jitu merawat kucing anggora yang baik dan benar selanjutnya. Selain dibekali dengan kemampuan membersihkan tubuhnya sendiri, kucing juga dibekali dengan kemampuan untuk membersihkan telinganya sendiri.

Meski demikian supaya kotoran tak menumpuk, Anda bisa membantu membersihkan telinganya setidaknya setiap dua minggu sekali. Gunakanlah bola kapas atau kain bersih untuk membersihkan telinganya hingga tak ada lagi bau-bau yang tidak sedap.

  1. Rutin Membersihkan Gigi

Guna meminimalisir penyakit gigi dan gusi Anda harus menjaga kebersihan gigi pada kucing anggora. Untuk melakukan tips merawat kucing anggora ini memang membutuhkan proses yang panjang untuk mengenalkannya. Jangan sampai Anda menggunakan pasta gigi manusia untuk membersihkan gigi kucing, pasalnya pasta gigi manusia mengandung fluoride yang berbahaya bagi kucing.

  1. Memperhatikan Makanan

Pastikan bahwa makanan yang Anda hidangkan untuk kucing anggora mengandung kadar protein yang tinggi hingga mencapai 40%. Selain mencegah obsesitas pemberian makanan yang sesuai ini mampu mencegah kerontokan pada bulu kucing.

Itulah pembahasan cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar yang bisa kami informasikan pada kesempatan kali ini.  Tidak sesulit merawat kucing hutan yang membutuhkan usaha ekstra kan. Jangan lupa untuk selalu membawanya ke dokter guna perawatan dan penyuntikan vaksin. Terima kasih.

Related Posts

About The Author

Add Comment