Cara Menjaga Kesehatan Kucing

21 views

kesehatan kucingWalau kucing pada umumnya lebih resisten terhadap penyakit daripada binatang-binatang peliharaan lainnya, kucing secara konstan terpapar pada banyak bahaya ksehatan, baik dari penyakit maupun dari bahaya fisik disekitarnya. Untuk itu, anda sebagai pemilik kucing harus bisa membantu memastikan kehidupan yang sehat untuk hewan peliharaan anda dengan cara menjaga kesehatan kucing anda.

Mata

Dari waktu ke waktu, mata kucing (khususnya kucing ras) akan mengeluarkan air mata dan kotoran di sudut-sudut mata. Ini bukanlah hal yang harus anda waspadai. Air mata dan kotoran tersebut bisa anda bersihkan dengan menggunakan tisu yang telah dibasahi dengan air hangat. Jika air mata dan kotoran itu jumlahnya berlebihan, berwarna kekuning-kuningan atau seperti lendir, anda sebaiknya memeriksakan kucing anda pada dokter hewan. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan kucing terserang penyakit flu mata. Biasanya selain mengeluarkan kotoran mata berlebihan, kucing juga menjadi tidak nafsu makan dan males bergerak.

Telinga

Anda sebaiknya juga memeriksa telinga kucing secara teratur. Bersihkan telinga kotor secara hati-hati dengan menggunakan cotton wool yang dicelupkan dalam air hangat. Jika anda melihat kucig anda sering menggoyangkan kepalanya atau menggaruk-garuk telinganya, masalah ini mungkin disebabkan oleh kutu telinga. Jika didiagnosa dengan segera, kutu telinga bisa dibasmi menggunakan tetes telinga.

Gigi

Gigi harus diperiksa secara teratur untuk mencegah timbulnya tartar dan radang gusi. Memberikan makanan kering bisa mencegah munculnya masalah gigi. Jika kucing anda mempunyai nafas yang bau, mengeluarkan air liur berlebihan atau mengalami kesulitan saat makan, ia mungkin memeliki masalah dengan giginya.

Berbagai Gejala Penyakit

Jika anda meluangkan waktu bersama dengan kucing anda setiap hari. Anda akan dengan cepat mengetahui kepribadian tingkah laku dan rutinitas makan normal kucing anda. Perubahan-perubahan pada kepribadian, tingkah laku dan rutinitas makan normal biasanya menunjukkan adanya suatu masalah kesehatan pada kucing anda.

Mendeteksi gejala penyakit menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan kucing. Dengan mengetahui secara dini kucing anda sakit maka pengobatanya akan lebih mudah. Berikut berbagai gejala penyakit yang bisa anda jumpai pada kucing anda :

  1. Merasa sangat kehausan
  2. Turun atau tambah berat badan secara tiba-tiba
  3. Perubahan warna dan kondisi kulit
  4. Diare
  5. Kesulitan dalam bernafas
  6. Kesulitan kencing atau ada darah dalam air kencing
  7. Muncul bercak-bercak pada kulit
  8. Demam
  9. Kurang atau kehilangan selera makan
  10. Lebam atau bertingkah laku aneh
  11. Mata merah dan berair, mengeluarkan kotoran dari hidung
  12. Muntah-muntah

Jika salah satu atau lebih gejala penyakit diatas muncul pada kucing peliharaan anda. Segeralah konsultasikan pada dokter hewan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *