Cara Mengobati Kucing Mencret

kucing sakitSebelum kita mempelajari cara mengobati kucing mencret ada baiknya kita mengetahui definisi diare (mencret) dan penyebabnya pada kucing. Diare (mencret) merupakan suatu keadaan dimana kucing sering buang air besar (defikasi) berupaka feses cair atau tidak berbentuk kemudian menyebabkan iritasi usus besar (rektal) dengan rasa nyeri sehingga terjadi kekurangan cairan tubuh (dehidrasi).

Penyebab Kucing Mencret

Mencret dapat disebabkan oleh penyakit menular, parasit alat pencernaan, pergantian pakan, makanan basi atau stress. Mengetahui penyebab terkena mencret ini merupakan hal yang penting dalam melakukan penanganan, dimana setiap penyebab ini penanganannya akan menjadi agak berbeda. Kucing yang diare akibat stress cara mengobatinya akan sedikit berbeda dengan kucing yang habis berganti pakan.

Penyakit menular penyebab mencret antara lain parvovirus yang merupakan virus yang menyerang bagian pencernaan kucing, salmonellosis dan campybacteriosis yang merupakan bakteri patogen yang menimbulkan infeksi di usus kucing. Sementara parasit penyebab kucing diare diantaranya ialah cacing, protozoa dan jamur yang dapat menyebabkan radang usus (gastro-enteritis). Stress berat dapat terjadi karena pindah rumah, ganti pemilik dan tempat buang air berubah sehingga menimpulkan ketakutan.

kucing mencretCara Pengobatan

Diare nampaknya penyakit sepele tetapi jika terjadi dalam jangka waktu lebih dari 3 hari pada kucing dapat menyebabkan kematian. Sebagai pertolongan pertama untuk mengobati kucing mencret adalah dengan tidak memberikan makan selama 24 jam pada kucing dewasa, sedangkan pada kucing muda dan anak selama 12 jam. Selanjutnya kucing diberi makanan halus 2 – 3 kali sehari. Makanan halus ini dibuat dari bahan yang tidak merangsang alat pencernaan (bland diet) dan dapat dibuat dari hamburger ang direbus atau dari campuran beras dan daging ayam yang direbut (seperti bubur ayam). Namun, akan lebih baik kalau diberi makanan diet yang dikhususkan bagi penderita diare. Jenis makanan kucing ini banyak dijual dengan kode Canine.

Jika mencret diduga diakibakan oleh bakteri atau virus penyebab penyakit sebaiknya segeralah kucing anda dibawa ke dokter hewan agar diberi obat. Hal ini disebabkan untuk membunuh bakteri atau virus yang menjadi sumber / penyebab penyakit ini dibutuhkan antibiotik. Tanpa membunuh bakteri atau virus penyebab mencret ini upaya mengobati kucing mencret ini akan sia sia.

Hal yang sama juga terjadi jika mencret diakibatkan oleh parasit seperti cacing, sebaiknya dibawa ke dokter hewan. Memang obat cacing seperti drontal ada dijual bebas dipasaran, namun pengamatan dan diagnosis dokter hewan tetap dibutuhkan. Biasanya pada feses kucing cacingan akan ditemukan cacing dalam fesesnya.

Sedangkan bila diare diakibatkan oleh stress maka luangkanlah waktu lebih untuk bermain dengan kucing anda, sering seringlah anda elus elus kucing yang sedang stress ini agar ia merasa nyaman.

Kucing mencret yang diakibatkan pergantian pakan, berarti kucing tersebut tidak cocok dengan jenis / merk pakan tersebut. Sehingga sebaiknya anda tidak memberikan pakan jenis itu lagi terhadapnya. Jika anda ingin menurunkan grade (harga) pakan yang anda berikan kepada kucing anda janganlah menurunkannya secara drastis misalnya dari royal canine yang merupakan salah satu pakan termahal ke merk lain yang harganya 25 ribu per kilo (ga usah sebut brand ya). Misalnya ingin mengganti dari royal canine turunkanlah ke pakan yang sedikit harga dibawahnya misalnya yang sekitar 80 -100 ribu per kilo. Penggantian pakan dengan grade yang drastis turun ini selain menyebabkan diare bisa juga menyebabkan kerusakan organ pencernaan sehingga membuat kucing anda mengeluarkan darah di duburnya bahkan dalam beberapa kasus ada yang menyebabkan kematian.

Related Posts

About The Author

Add Comment