Cara Memberikan Obat Pada Kucing

20 views

cara memberikan obat pada kucingCepat atau lambat seseorang pemelihara kucing pasti akan memberikan obat pada kucing kesayangannya. Tidak memahami metode yang tepat bisa berujung cedera pada kucing, atau paling ringan adalah obat banyak yang terbuang karena kucing kabur. Oleh karena itu, anda harus memahami cara memberikan obat pada kucing.

Tips Memberikan Obat Pada Kucing

Jika anda baru pertama kali memberikan obat pada kucing sebaiknya jangan melakukannya sendiri. Mintalah bantuan orang lain untuk memegangi tubuh kucing secara perlahan agar kucing tidak berontak. Buatlah kucing anda nyaman terlebih dahulu misalnya dengan mengajaknya bicara atau mengelus kepalanya secara perlahan.

Sebaiknya anda menanyakan juga pada dokter hewan mengenai metode yang tepat dalam memberikan pengobatan tersebut. Biasanya, dokter hewan akan mempraktekkan cara pemberian obat kepada anda. Amatilah dengan baik sehingga saat sudah dirumah anda bisa melakukannya sendiri.

Berikut ini kami berikan beberapa tips memberikan obat pada kucing kesayangannya anda.

Pil dan Cairan

Jika anda harus memberi kucing anda pil atau kapsul, taruh kucing anda di atas pangkuan anda dan angkat kepalanya. Tekan sudut-sudut mulut untuk membuka mulut dan dorong obat sejauh mungkin di belakang lidah. Lalu tahan mulut kucing tetap tertutup dan tepuk tenggorokannya sehingga kucing menelan obat tersebut.

Obat cair bisa diberikan dengan menggunakan alat suntik tanpa jarum. Tengadahkan kepala kucing ke atas, masukkan ujung alat suntik ke dalam ruang antara pipi dan geraham belakang dan dengan cara perlahan tetapi pasti semprotkan cairan ke dalam mulutnya.

Pengobatan Mata

Untuk melakukan pengobatan mata, pegang kepala kucing kuatkuat dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memuka kelopkan mata. Dengan menggunakan tangan lainnya oleskan salep atau teteskan obat mata ke bagian tengah mata. Berhati-hatilah jangan sampai tube atau alat tetes mata menyentuh bola mata karena dapat menyebabkan luka serius.

Pengobatan Telinga

Pengobatan telinga sebaiknya dilakukan dengan cara memegang kucing kuat-kuat dan memeringkan kepalanya ke satu sisi. Begitu obat yang sudah ada di dalam telinga, pijat telinga secara perlahan agar obat bisa masuk ke selaruran telinga dengan merata.

Jika anda masih kesulitan, tidak ada salahnya anda membiarkan kucing kesayangan anda untuk menginap di rumah sakit hewan selama beberapa hari. Biarkan tenaga medis disana merawat si kucing selama ia sakit, lalu saat dia sembuh anda bisa membawanya kembali ke rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *