Aneka Perlengkapan Kucing Yang Perlu Disiapkan

34 views

Sebelum anda membawa pulang seekor kucing ke rumah, anda perlu menyiapkan aneka perlengkapan dan kebutuhan yang diperlukan kucing. Hal tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi kucing baru anda. Semua perlengkapan dasar ini harus telap siap dan harganya pun relatif tidak mahal.

Berikut ini aneka perlengkapan kucing yang perlu anda siapkan :

Tempat tidur dan alas tidur

perlengkapan kucingHal paling penting yang harus anda lakukan untuk membuat kucing baru anda betah di rumah barunya adalah dengan menaruh sebuah keranjang dan alas tidurnya di salah satu sudut rumah yang menurut anda paling nyaman untuknya. Tempat tidur kucing bentuknya beraneka ragam, dari tempat tidur yang bentuknya rumit yang dijual di toko – toko hewan peliharaan sampai sebuah kotak kayu yang bisa anda buat sendiri. Ukuran tempat tidur kucing sebaiknya proposional dengan ukuran tubuhnya, pastikan alas tidurnya 10 cm lebih besar dari ukuran tubuhnya. Walau kucing kebanyakan lebih suka tidur meringkuk daripada merentangkan tubuhnya di ruangan yang luas.

Mangkuk makan dan mangkuk air

mangkuk kucingAnda akan membutuhkan dua mangkuk yang bisa terbuat dari keramik, stainless stell atau kaca (tidak direkomendasikan menggunakan mangkok plastik). Satu mangkok digunakan untuk makanan dan mangkuk lainnya untuk air minum. Air segar sebaiknya tersedia untuk kucing anda sepanjang waktu dan tempat makannya harus dicuci begitu kucing selesai makan.

Sebelum anda membawa pulang seekor kucing ke rumah, anda perlu menyiapkan aneka perlengkapan dan kebutuhan yang diperlukan kucing. Hal tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi kucing baru anda. Semua perlengkapan dasar ini harus telap siap dan harganya pun relatif tidak mahal.

Tempat buang air

perlengkapan buang air kucingTempat buang air, media tempat buang air (seperti pasir, potongan – potongan kertas, serbuk kayu dan sebagainya) serta sekop adalah aneka perlengkapan kucing penting yang wajib anda miliki. Bahkan jika kucing anda memiliki akses ke luar rumah, ia sebaiknya tidak dibiarkan keluar sampa ia telah menyesuaikan diri dengan rumah barunya (ini juga berlaku ketika pindah rumah). Tempat buang air kucing ini sebaiknya mudah diakses dan mudah ditemukan agar kucing anda tidak buang air sembarangan. Pilihlah sebuah kotak yang cukup dalam untuk mencegah kucing mencecerkan media buang air ketika ia menggali. Anda sebaiknya menaruh media buang air dengan ketebalan kira – kira dua inci dari dasar kotak tempat buang air.

Media buang air komersial tidak harus diganti setiap hari, gunakan sekop untuk mengambil media yang basah serta feses kucing dan menggantinya dengan media buang air yang baru. Namun, anda sebaiknya mencuci tempat buang air sekali seminggu dengan air panas. Anda perlu berhati – hati, beberapa desinfektan mengandung racun dan mungkin kucing tidak suka dengan baunya.

Walau penggunaan potongan – potongan kertas sebagai media buang air lebih murah dibandingkan dengan media buang air komersial, kertas kurang efektif dalam menyerap air dan bau. Lagipula, kucing bisa terdorong menggunakan kertas bukan untuk tujuan buang air.

Wanita hamil harus waspada dengan toxoplasmosis, suatu penyakit kucing yang menular ke manusia dan bisa menyebabkan cacat kelahiran. Tetapi kucing adalah satu – satunya hewan yang mengeluarkan parasit ini dalam fesesnya. Jika anda wanita hamil, anda sebaiknya menggunakan sarung tangan saat memegang tempat buang air kucing dan mencuci tangan anda secara menyeluruh setelah itu. Kucing bisa terhindar dari infeksi toxoplasmosis dengan hanya memberi kucing makanan komersial (buatan pabrik) yang terjamin kebersihannya dan menjaganya tetap di dalam rumah.

Sikat dan sisir

sisir kucingMenyikat dan menyisir sebaiknya menjadi bagian dari kegiatan rutin kucing anda. Walau kucing anda mungkin menjadikannya sebagai suatu permainan dan mencoba menggigit sisir dan sikat, ini adalah bagian penting dalam perawatannya terutama saat di bulan – bulan musim kemarau ketika kutu mewabah.

Tongkat cakaran

tongkat cakaran kucingTongkat cakaran (scratching post) merupakan sebuah perlengkapan kucing yang dilupakan oleh para pemelihara kucing. Padahal tongkat cakaran ini memiliki fungsi yang penting yaitu akan memberi kucing media untuk merentangkan diri dan latihan serta menjaga cakarnya tetap dalam kondisi baik. Tongkat cakaran ini juga akan membantu mencegah kucing menggunakan furnitur anda untuk memuaskan kebutuhan – kebutuhan mencakar ini.

Kebanyakan toko hewan peliharaan menawarkan berbagai macam tongkat cakaran, tetapi anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara melapisi batang kayu dengan karpet, kulit kayu atau dengan kawat bergelung. Jika anda menggunakan karpet pastikan karpet itu tdak terlalu tebal, sebaliknya karpet yang halus yang tidak memberikan resistensi pada cakar kucing. Tongkat cakaran ini bisa dipasang pada dinding atau berdiri bebas dengan memasangnya pada landasan dari kayu yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *